Halaman

Rabu, 17 April 2013

Berkeringat dan Bau Badan


Defenisi
Berkeringat dan bau badan dapat terjadi ketika Anda berolahraga atau memaksakan diri, Anda berada dalam lingkungan yang panas, atau gugup, cemas atau stres. Jenis berkeringat dan bau badan alami dan sehat. Berkeringat biasanya hanya gangguan kecil. Bau mungkin lebih merepotkan. Meskipun keringat praktis tidak berbau, keringat kadang-kadang dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan ketika datang ke dalam kontak dengan bakteri pada kulit Anda. Perubahan yang tidak biasa dalam keringat - baik keringat berlebih (hiperhidrosis) atau sedikit atau tidak ada keringat (anhidrosis) - dapat menjadi perhatian. Demikian juga, perubahan bau badan mungkin merupakan tanda dari masalah medis. Untuk berkeringat normal dan bau badan, namun, gaya hidup dan perawatan rumah dapat secara efektif mengelola gejala. Dalam beberapa kasus, antiperspirant resep atau deodoran mungkin diperlukan.

Gejala
Orang sehat keringat, tapi kapan, di mana dan berapa banyak bervariasi. Faktor-faktor yang menyebabkan kebanyakan orang berkeringat meliputi: Latihan, latihan berat terutama Cuaca panas Kegelisahan, kecemasan atau stres Keringat yang dipicu oleh emosi yang paling mungkin terjadi pada wajah Anda, di ketiak Anda, pada telapak tangan dan telapak kaki Anda. Tapi berapa banyak Anda berkeringat dan bahkan cara keringat Anda bau dapat dipengaruhi oleh suasana hati Anda, diet Anda, beberapa obat dan kondisi medis, dan bahkan kadar hormon Anda. Apa lagi - tidak adil karena tampaknya - beberapa orang mewarisi kecenderungan untuk mengalami keringat dingin, terutama pada telapak kaki dan telapak tangan mereka. Karena hampir mustahil untuk menentukan berkeringat normal dan bau badan, cobalah untuk mempelajari apa yang normal bagi Anda. Itu akan membantu Anda menentukan perubahan yang tidak biasa. Ketika ke dokter Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami salah satu dari berikut: Anda tiba-tiba mulai berkeringat lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Berkeringat mengganggu rutinitas harian Anda. Anda mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas. Anda melihat perubahan bau badan - perubahan bau badan mungkin menjadi tanda kondisi medis tertentu, seperti ketoasidosis diabetes atau gagal ginjal.

Penyebab
Penyebab keringat dan bau badan berasal dari sistem pengaturan suhu tubuh Anda, khususnya kelenjar keringat Anda. Berkeringat membantu menjaga suhu tubuh Anda, hidrat kulit Anda dan menyeimbangkan cairan tubuh dan elektrolit, bahan kimia dalam tubuh Anda seperti sodium dan kalsium. Kulit Anda memiliki dua jenis kelenjar keringat: eccrine kelenjar dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin terjadi selama sebagian besar tubuh Anda dan membuka langsung ke permukaan kulit. Kelenjar apocrine berkembang di daerah melimpah di folikel rambut, seperti pada kulit kepala Anda, ketiak dan pangkal paha dan terbuka ke folikel rambut sesaat sebelum membuka ke permukaan kulit. Ketika suhu tubuh meningkat, sistem saraf otonom Anda merangsang kelenjar ekrin untuk mengeluarkan cairan ke permukaan kulit Anda, di mana mendingin tubuh Anda karena menguap. Cairan ini (keringat) yang terutama terdiri dari air dan garam (natrium klorida) dan berisi jumlah jejak elektrolit lain - zat yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh Anda - serta zat-zat seperti urea. Kelenjar apokrin, di sisi lain, mengeluarkan keringat lemak langsung ke tubulus kelenjar. Ketika Anda berada di bawah stres emosional, dinding kontrak tubulus dan keringat yang menyeruak ke permukaan kulit Anda di mana bakteri mulai memecahnya. Paling sering, itu adalah rincian bakteri keringat apokrin yang menyebabkan bau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar