Laman

Rabu, 17 April 2013

Mata Merah: Definisi dan Penyebabnya

Definisi

Mata merah adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Kemerahan yang terkait dengan mata merah berasal dari pembuluh darah diperluas pada permukaan mata Anda karena peradangan, biasanya dari beberapa bentuk iritasi atau infeksi.

Paling sering peradangan yang menyebabkan mata merah terjadi pada selaput yang menutupi bagian putih mata Anda dan melapisi kelopak mata Anda. Membran ini disebut konjungtiva, radang konjungtiva disebut konjungtivitis.

Penyebab

Konjungtivitis alergi Konjungtivitis bakteri Blepharitis (peradangan yang mempengaruhi kelopak mata Anda) Abrasi kornea (menggosok dari lapisan paling atas kornea, penutup transparan mata Anda) Infeksi herpes kornea (herpes) Ulkus kornea Mata kering Ectropion (kondisi di mana kelopak mata Anda ternyata) Entropion (kondisi di mana kelopak mata Anda ternyata di) Episkleritis (peradangan selaput yang menutupi bagian putih mata) Benda asing di mata Alergi serbuk bunga Iritis (radang bagian berwarna dari mata) Keratitis (radang kornea) Orbital selulitis (infeksi berat dari jaringan di sekitar mata) Scleritis (peradangan bagian putih mata) Sty (merah, menyakitkan benjolan di dekat tepi kelopak mata Anda) Subconjunctival perdarahan (pembuluh darah yang rusak di mata) Uveitis (peradangan dari lapisan tengah mata) Konjungtivitis virus "Mata merah muda" adalah istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan mata merah dan mengacu pada kedua infeksi virus dan bakteri pada konjungtiva (konjungtivitis). Hal ini juga dapat memiliki penyebab lain, seperti alergi. Mata merah yang disebabkan oleh virus mungkin melibatkan cairan bening atau beberapa jumlah debit nanah dan lendir. Mata merah yang disebabkan oleh bakteri lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa dan mungkin melibatkan debit lebih kontinu dan lebih tebal dari nanah dan lendir.

Ketika ke Dokter


Sesekali, periode singkat mata merah biasanya ada alasan untuk khawatir. Tapi mata merah terus-menerus, terutama jika disertai dengan sakit mata atau perubahan visi, bisa menandakan masalah yang lebih serius.

Cari bantuan medis segera jika mata merah disertai dengan:

  • kehilangan penglihatan
  • Sakit kepala parah, nyeri mata, mual atau tidak biasa sensitivitas terhadap cahaya terang
  • Ketidakmampuan untuk membuka mata atau mata Anda tetap terbuka
  • Sebuah sensasi bahwa ada sesuatu di mata Anda

Untuk mata merah gigih yang tidak jelas setelah beberapa hari, terutama jika Anda memiliki nanah tebal atau hampir terus menerus atau debit lendir, hubungi dokter Anda untuk membuat janji.